Bagaimana LMS Terintegrasi dengan HRIS

Setiap perusahaan membutuhkan sistem yang mampu mengoptimalkan fungsi SDM sebagai aset penambah nilai perusahaan, dan bukan sebagai beban bisnis. 

Teknologi informasi berbasis serat optik memungkinkan proses pengelolaan aset SDM menjadi jauh lebih efektif dan efisien saat ini. Sistem informasi yang menggabungkan pengelolaan (manajemen) sumber daya manusia (HRD) dengan teknologi informasi sering disingkat sebagai HRIS ( Human Resource Information System). 

HRIS  memungkinkan HRD untuk menyederhanakan proses administrasi SDM dan pengelolaan absensi serta penggajian karyawan secara tersistem digital.

Pada saat ini, banyak HRIS yang dikembangkan lebih dari sekedar fungsi dasarnya. HRIS saat ini dapat berfungsi sebagai:

Operational

Operational digunakan untuk mengelola semua hal yang berhubungan dengan waktu dalam proses kerja para karyawan, misalnya absensi, cuti dan lain-lain.

Recruitment

Komponen dalam recruitment dapat digunakan untuk melengkapi seluruh proses perekrutan karyawan

Personal Development

Komponen dalam personal development dapat memungkinkan perusahaan untuk menilai karyawan terkait dengan performanya 

Training

Para karyawan memiliki kualifikasi kurang memadai akan diikutsertakan dalam pelatihan untuk mengembangkan kemampuan karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam bidang tertentu.

Integrasi HRIS dan LMS untuk optimalkan SDM

Integrasi LMS – HRIS

LMS (Learning Management System) adalah sistem manajemen pembelajaran yang sebaiknya terintegrasi dengan HRIS. LMS ini harus menghadirkan kemudahan penggunaan bagi pihak manajemen selaku pemilik konten dan ide visi manajerial dengan karyawan serta staf yang menjadi pengguna LMS.

LMS yang bisa terintegrasi dengan HRIS harus memenuhi kategori sebagai berikut

Mobilitas

LMS yang memungkinkan pembelajaran kapanpun, dimanapun, dengan gawai apapun. Dengan learning management system, sekarang Anda bisa mengakses konten e-learning lewat gawai apapun, dengan tampilan sesuai keinginan. Anda bisa mengaksesnya via laptop, telepon seluler, atau berbagai gawai tanpa kesulitan.

Kemudahan Pertukaran Operator

Pertukaran data di platform e-learning tanpa masalah. SCORM adalah standar industri untuk sistem antar-operator materi e-learning, fungsinya untuk memastikan manajemen integrasi pertukaran data e-learning berlangsung dengan mulus.

Akurasi Target

Penugasan dalam kelas ke siswa yang akurat. Penugasan dan katalog adalah mode kelas yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan materi pembelajaran kepada kelompok spesifik atau siswa secara generik, terbuka bagi publik untuk diakses.

Interaktif

Tampilkan presentasi Anda dalam diskusi interaktif. Presentasi material yang interaktif akan meningkatkan lalu lintas kunjungan. Class On Air™ Webinar adalah fasilitas yang tepat untuk menyelenggarakan online learning yang melibatkan keseluruhan peserta secara interaktif.

Sesuai Kebutuhan

Platform online learning sesuai kebutuhan model pembelajaran. Setiap model pembelajaran memiliki terminologi khusus pada tiap prosesnya, dari komposisi materi, pola pembelajaran, hingga level kelulusan. Konfigurasi Kelas Mutakhir didukung oleh platform LMS yang membantu pengaturan materi. Learning Suite, dibuat dari nol oleh anak bangsa, menjadi LMS Indonesia yang mengikuti kebutuhan pembelajaran di lapangan.

2019-10-29T09:57:54+07:00
WhatsApp chat