LMS Learningsuite dari Pinteraktif telah dipercaya oleh maskapai penerbangan nasional, Citilink Indonesia, untuk melakukan otomasi training internal HRD, demi menunjang kinerja korporasi maskapai penerbangan, dalam industri aviasi nasional yang sedang berkembang pesat.

Citilink adalah maskapai low cost carrier (LCC) terbaik di Asia versi tripadvisor.com (2018) dan penerima penghargaan top IT implementation dari Kemenkominfo (2017). Hingga Juni 2018, Citilink Indonesia sudah melayani konektivitas penerbangan ke 35 kota, 70 rute, dan lebih dari 274 frekeunsi penerbangan setiap harinya. Citilink Indonesia menjalin kerjasama sistem operasi (KSO) dengan Sriwijaya Air dan NAM Air pada November 2018 lalu.

Industri aviasi modern semakin penuh dengan tantangan kompetitif, Citilink menjawab tantangan ini dengan inovasi operasional yang mendorong penyesuaian dengan level kompetisi. Inovasi sistem operasional dalam industri aviasi harus mengikuti regulasi dan memiliki standar asosiasi internasional. Citilink memilih learning management system (LMS) Learningsuite untuk meningkatkan kinerja operasional perusahaan. LMS Learningsuite yang diaplikasikan oleh Citilink mengakomodasi sinkronisasi data laporan pengguna (user) dan tentunya keamanan data. Citilink menggunakan LMS Learningsuite untuk penggunaan internal manajemen dan staf, juga untuk rekanan eksternal.

Secara budaya manajemen, Citilink sudah memiliki keinginan yang kuat untuk mentransformasi proses pelatihan SDM menggunakan teknologi LMS, dan sangat menguasai proses bisnis berikut relasinya dengan regulator maupun standar asosiasi industri. Citilink memilih LMS Learningsuite karena memiliki fitur laporan (report) yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan klien.

Citilink menginginkan LMS Learningsuite disesuaikan dengan budaya perusahaan berjalan, beberapa yang muncul dalam konsultasi intensif misalnya adanya fitur keamanan saat pengguna melakukan tes, dengan adanya fitur selfie (memotret diri) sebelum melakukan tes. Fitur tambahan semacam ini yang akan diajukan ke regulator, yaitu kapasitas LMS Learningsuite yang mengadaptasikan standar keamanan aviasi modern.

Adaptasi LMS Learningsuite untuk Citilink kemudian adalah diferensiasi sistem login untuk pengguna staf internal dan pengguna rekanan eksternal Citilink. Dengan permintaan custom ini LMS Learningsuite bisa terintegrasi dengan active directory perusahaan, sehingga mempermudah pengelolaan database karyawan.

Stakeholder Citilink membuka diskusi terbuka dengan tim LMS Learningsuite seperti divisi training cabin crew dan juga HRD. Fungsi diskusi terbuka adalah untuk menggali informasi dalam rangka mewadahi training dari divisi yang berbeda.

LMS Learningsuite membuat penyesuaian antara sistem HRD yang telah berjalan, dengan otomasi sistem yang diinginkan oleh manajemen, untuk menunjang kinerja operasional perusahaan yang lebih efisien anggaran, dan efektif mengembangkan kualitas aset SDM.